Sultan Massage

Pijat Panggilan Surabaya Plus Sekitarnya

Pijat Panggilan Padang Sultan Massage

Pijat Panggilan Padang Sultan Massage Menyediakan Layanan Jasa Spa Massage atau Pijat Panggilan Padang plus sekitarnya 24 Jam yang sudah Terkenal dilayani Terapis Catntik, ramah, dan profesional yang Terampil, Handal, Berpenampilan Menarik, Pengalaman Serta Selalu Memperhatikan Protokol Kesehatan yang Ketat melalui Rapid Test ( Semua Terapis Dijamin Bebas Covid 19 ). Bisa dipanggil ke Hotel, Apartemen, Penginapan, Rumah maupun Kos / Kontrakan. Terapis juga bisa menjangkau daerah Seluruh wilayah Kota Padang yaitu Padang, Bungkus Teluk Kabung, Koto Tangah, Kuranji, Lubuk Begalung, Lubuk Kilangan, Naggalo, Padang Barat, Padang Selatan, Padang Timur, Padang Utara, Pauh.

Berikut Daftar Gadis Terapis Panggilan Padang Plus Sekitarnya 24 Jam yang bisa anda nikmati pijatan nya :

Pijat-panggilan-madiun-24 jam

Gina Gadis asal Madiun

Pijat-panggilan-gresik-24-jam

Lia Gadis Cantik asal Gresik

Pijat-panggilan-surabaya-24-jam

Nadia Gadis asal Surabaya

Pijat-panggilan-palembang-24-jam

Gina Gadis Cantik asal Palembang

Pijat-panggilan-jogja-24-jam

Alika Gadis Cantik asal Jogja

Pijat-panggilan-pasuruan-24-jam

Nadine Gadis asal Pasuruan

Pijat-panggilan-bandung-24-jam

Rizka Gadis asal Bandung

Layanan pijat online Padang yang kami sediakan :

  1. Traditional Massage (Best Seller)
  2. Full Body Massage
  3. Body Spa
  4. Lulur Body Scrub
  5. Reflexology (Refleksi)
  6. Face Acrupressure (Totok Wajah)
  7. Kerokan / Kusuk
  8. Shiatsu Massage
  9. Swedish Massage
  10. Balinese massage
  11. Thai Massage
  12. Seitai Kensei Traditional Jepang
  13. Ear Candle
  14. Request Massage Special ? Konsultasi dengan Kami segera

Jika keindahan serta kelembutan yang anda cari, sangat sesuai dengan kriteria Terapis yang kami sediakan untuk anda, Berikut silahkan di pilih yang anda sukai :

Wanita / Pria Muda Karakternya Cantik / Ganteng Halus, Ramah, Wangi, Bertenaga, Pengalaman Serta Profesional dan anda bisa Reques Layanan *sesuai standar sop yang berlaku

Wanita / Pria STW Karakternya Ramah, Wangi, Tenaga Kuat, Pengalaman Serta Profesional dan anda Bisa Reques Layanan *sesuai standar sop yang berlaku

Wanita / Pria Tua Karakternya Ramah, Wangi, Tenaga Ekstra Kuat, Pengalaman Serta Profesional dan anda bisa Reques Layanan *sesuai standar sop yang berlaku

Berada di Kota Padang sepertinya kurang lengkap kalo kamu tidak mecoba pijatan halus sentuhan tangan lembut terlatih yang sudah kami sediakan. Kami menghadirkan Jasa Spa Massage atau Pijat Panggilan Padang plus sekitarnya 24 Jam yang dapat menemani kamu ketika membutuhkan teman mengobrol, menghilangkan penat, dan stress.

Butuh tempat spa terdekat / local guide program / tempat pijat refleksi terdekat dari lokasi saya / tukang urut panggilan / pijat refleksi terdekat dari lokasi saya / pijat terdekat / pijat terdekat dari lokasi saya saat ini / pijat terdekat lokasi saya / pijat tradisional terdekat dari lokasi saya / spa massage terdekat dari lokasi saya / pijat panggilan terdekat dari lokasi saya / pijat panggilan terdekat dari lokasi saya saat ini / pijat panggilan terdekat lokasi saya / pijat refleksi panggilan terdekat dari lokasi saya / massage / spa terdekat dari lokasi saya / massage panggilan / pijat panggilan bitung ujung mando pijat panggilan Kediri jawa timur / spa Kediri / spa di Kediri / spa di kota Kediri / spa Kediri kaskus 2021 / spa panggilan Kediri / tempat spa di Kediri / sultan massage padang / pijat panggilan hotel padang terapis wanita tlp wa 081220052050 kota Kediri jawa timur / massage panggilan terdekat dari lokasi saya / massage terdekat / massage terdekat dari lokasi saya / massage terdekat dari lokasi saya sekarang / tukang / urut panggilan terdekat dari lokasi saya / tukang urut perempuan terdekat dari lokasi saya / tukang pijat capek panggilan terdekat dari lokasi saya / tukang pijat panggilan terdekat dari lokasi saya / massage terdekat lokasi sayapijat capek terdekat dari lokasi saya / pijat online terdekat dari lokasi saya / tukang urut terdekat / tukang urut terdekat dari lokasi saya

Jika yang anda cari tukang pijat plus2 pijat plus plus terdekat dari lokasi saya / massage plus terdekat dari lokasi saya / massage therapist plus / pijat plus pijat plus plus / pijat plus plus panggilan terdekat dari lokasi saya / pijat plus plus terdekat dari lokasi saya / spa terdekat plus / tukang pijat panggilan pijat plus plus terdekat dari lokasi saya / tukang pijat plus plus terdekat dari lokasi saya / pijat plus plus terdekat dari lokasi saya sekarang dan harganya / pijat plus terdekat dari lokasi saya / pijat plus terdekat lokasi saya / pijat plus plus terdekat dari lokasi saya saat ini / pijat plus plus terdekat lokasi saya / jasa pijat pijat plus panggilan terdekat dari lokasi saya / massage plus plus / terdekat dari lokasi saya / pijat plus plus terdekat dari lokasi saya sekarang / twitter pijat plus plus terdekat dari lokasi saya / wanita panggilan / gadis panggilan / pijat vitalitas terdekat dari lokasi saya / spa plus terdekat dari lokasi saya mohon maaf kami tidak menyediakan.

Kota Padang adalah kota terbesar di pantai barat Pulau Sumatra dan ibu kota provinsi Sumatra BaratIndonesia. Kota ini merupakan pintu gerbang barat Indonesia dari Samudra Hindia.[7] Secara geografi, Padang dikelilingi perbukitan yang mencapai ketinggian 1.853 mdpl dengan luas wilayah 693,66 km², lebih dari separuhnya berupa hutan lindung. Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) pada 2021, kota ini memiliki jumlah penduduk sebanyak 909.040 jiwa.[2] Padang merupakan kota inti dari pengembangan wilayah metropolitan Palapa.

Sejarah Kota Padang tidak terlepas dari peranannya sebagai kawasan rantau Minangkabau, yang berawal dari perkampungan nelayan di muara Batang Arau lalu berkembang menjadi bandar pelabuhan yang ramai setelah masuknya Belanda di bawah bendera Vereenigde Oostindische Compagnie (VOC). Hari jadi kota ditetapkan pada 7 Agustus 1669, yang merupakan hari penyerangan loji Belanda di Muara Padang oleh masyarakat Pauh dan Koto Tangah. Semasa penjajahan Belanda, kota ini menjadi pusat perdagangan emastehkopi, dan rempah-rempah. Memasuki abad ke-20, ekspor batu bara dan semen mulai dilakukan melalui Pelabuhan Teluk Bayur. Saat ini, infrastruktur Kota Padang telah dilengkapi oleh Bandar Udara Internasional Minangkabau serta jalur kereta api yang terhubung dengan kota-kota lain di Sumatra Barat.

Sentra perniagaan kota berada di Pasar Raya Padang, dan didukung oleh sejumlah pusat perbelanjaan modern dan 16 pasar tradisional. Padang merupakan salah satu pusat pendidikan terkemuka di luar Pulau Jawa, ditopang dengan keberadaan puluhan perguruan tinggi, termasuk tiga universitas negeri. Sebagai kota seni dan budaya, Padang dikenal dengan legenda Malin Kundang dan novel Sitti Nurbaya. Setiap tahunnya, berbagai festival diselenggarakan untuk menunjang sektor kepariwisataan. Di kalangan masyarakat Indonesia, nama kota ini umumnya diasosiasikan dengan etnis Minangkabau serta masakan khas mereka yang dikenal sebagai masakan Padang.

Manfaat Menggunakan Jasa Layanan Kami bagi Kesehatan Tubuh Anda sebagai Berikut :

Bermacam- macam tipe pijat serta khasiatnya buat kesehatan

Berikut sebagian tipe pijat dan khasiat yang bisa diperoleh:

1. Pijat Swedia

Untuk Kamu yang baru awal kali mau berupaya dipijat ataupun hadapi perih badan ringan, hingga tipe pijat ini sesuai buat Kamu. Pengobatan pijat asal Swedia ini dicoba dengan memakai metode memijat panjang, gerakan melingkar, getaran, hingga memencet sendi serta segala bagian badan. Tipe pijat sangat terkenal ini berguna buat menolong mengendurkan otot- otot badan yang tegang serta memesatkan pemulihan luka. Saat sebelum mengawali pemijatan, terapis umumnya hendak memohon Kamu buat membebaskan pakaian terlebih dulu, kemudian menutup bagian badan Kamu dengan kain.

2. Pijat aromaterapi

Aku Menerima Kebijakan Pribadi serta Data Daftar Pijat aromaterapi sesungguhnya ialah tipe lain dari pijat Swedia. Sama semacam namanya, tipe pijat ini memakai minyak beraroma, ataupun yang diucap pula minyak esensial, buat dioleskan ke badan sepanjang dipijat. Minyak esensial yang digunakan bisa membuat badan jadi terus menjadi rileks, apalagi diyakini berguna buat mengobati sebagian penyakit. Minyak lavender, misalnya, dipercaya bisa membuat tidur jadi lebih nyenyak sekalian meringankan indikasi PMS. Tidak hanya dioleskan ke badan, Kamu bisa menghisap wangi minyak esensial dengan dorongan diffuser yang umumnya disediakan dalam ruangan spa ataupun pijat. Tipe pijat ini umumnya memerlukan waktu 60 hingga 90 menit masing- masing tahap.

3. Pijat batu panas( hot stone massage)

pijat batu panas; hot stone massage merupakan pijat batu panas Hot stone massage alias pijat batu panas sangat sesuai buat Kamu yang hadapi perih otot hebat di sekujur badan. Temperatur panas batu bisa menolong tingkatkan aliran darah serta kurangi ketegangan otot. Batu panas ini nyatanya tidak cuma ditempelkan pada bagian badan yang perih saja. Alasannya, terapisnya juga hendak memijat badan Kamu sembari menggenggam batu panas tersebut. Dengan begitu, temperatur panasnya hendak menjalar ke segala badan Kamu secara optimal. Untuk Kamu yang mau melaksanakan pijat ini tetapi memiliki diabet, tekanan darah besar, penyakit jantung, ataupun varises, hendaknya konsultasikan dahulu ke dokter buat membenarkan keadaan kesehatan Kamu.

4. Pijat jaringan dalam( deep tissue massage)

bahaya pijat perut; resiko pijat perut Dibanding pijat Swedia, pijat jaringan dalam ataupun deep tissue massage cenderung memakai lebih banyak tekanan pada badan. Seperti itu kenapa, pijat ini sangat sesuai untuk Kamu yang hadapi permasalahan otot kronis semacam perih otot, luka, carpal tunnel syndrome, osteoporosis, sampai permasalahan bentuk badan badan. Metode pemijatan hendak dicoba secara lama- lama serta lebih dalam sampai memegang susunan terdalam otot serta jaringan ikat. Tenang, metode ini terkategori nyaman serta tidak hendak membuat Kamu kesakitan dikala dipijat.

5. Pijat shiatsu

pijat injak punggung Beda dengan tipe pijat yang lain, pijat shiatsu dicoba dengan memakai jari jemari, tangan, ataupun siku buat memijat. Metode ini dicoba buat menstimulasi titik- titik akupresur pada badan, tujuannya buat tingkatkan aliran tenaga serta mengembalikan penyeimbang badan. Tipe pijat yang satu ini dipercaya bisa menolong kurangi tekanan pikiran serta melindungi Kamu dari bermacam permasalahan kesehatan, semacam arthritis, tidak bisa tidur, perih punggung serta leher, sakit panggul, serta sinus. Kamu apalagi tidak butuh melepas baju sepanjang melaksanakan pijat shiatsu.

6. Pijat Thai

Sumber: Spafinder Pijat Thai merupakan perpaduan unik antara pengobatan pijat serta yoga buat membagikan tekanan di sejauh garis tenaga badan. Sepanjang pijat Thai, Kamu hendak melaksanakan bermacam posisi pijat bersama dengan terapis. Kamu bisa jadi hendak dimohon buat duduk, membungkuk, miring ke kanan ataupun ke kiri, membusungkan dada, serta posisi peregangan yang lain sepanjang dipijat. Metode ini bisa kurangi kekakuan otot serta perih punggung, apalagi sudah teruji bisa menyembuhkan permasalahan penyeimbang serta indikasi sakit kepala sebelah.

7. Pijat prenatal

pijat punggung dikala hamil Pijat dikala berbadan dua boleh saja dicoba, tetapi dengan catatan cuma boleh dicoba oleh terapis spesial yang mempunyai lisensi pijat prenatal. Tipe pijat ini bisa menolong meringankan perih badan, ketegangan otot, kaki bengkak, hingga kurangi tekanan pikiran dikala berbadan dua. Tekanan yang diberikan cenderung lembut serta mirip dengan pijat Swedia, jadi Kamu tidak butuh takut serta khawatir perihal ini hendak membahayakan balita Kamu. Terapis umumnya hendak fokus pada punggung dasar, pinggul, serta kaki yang kerap pegal- pegal dikala berbadan dua. Walaupun begitu, senantiasa konsultasikan dahulu dengan dokter isi Kamu saat sebelum memutuskan buat pijat prenatal.

8. Pijat refleksi

khasiat serta resiko pijat refleksi Tipe pijat ini sangat sesuai untuk Kamu mau dipijat, tetapi cenderung sensitif ataupun mudah kegelian dikala bagian badan tertentu dijamah orang lain. Pijat refleksi ini lebih terfokus pada kaki serta tangan saja– tidak hingga segala badan. Kaki serta tangan merupakan 2 bagian badan yang mempunyai titik- titik akupresur yang tersambung dengan organ ataupun bagian badan yang lain. Dengan memencet satu titik saja pada kaki ataupun tanagn, sistem saraf Kamu hendak memproduksi hormon endorfin alias hormon kebahagiaan. Walhasil, Kamu juga hendak merasa lebih rileks sekalian tidak lagi merasa sakit pada badan.

9. Pijat berolahraga( sport massage)

pijat sehabis olahraga Untuk Kamu yang kerap hadapi luka sehabis berolahraga, pijat berolahraga sesuai buat Kamu. Ya, tipe pijat ini pasti saja bisa menolong Kamu menanggulangi luka kesekian serta memesatkan proses pemulihannya. Tidak hanya itu, Kamu pula bisa menggunakan pijat berolahraga buat tingkatkan fleksibilitas serta energi tahan badan dikala berolahraga. Rasa aman yang diberikan hendak membuat Kamu bebas dari tekanan pikiran, kecemasan, serta ketegangan otot.

Lowongan Kerja Terapis Pijat Panggilan Padang

Pijat Panggilan Sultan Massage adalah penyedia jasa layanan pijat panggilan yang menawarkan tenaga terapi berpengalaman dan terlatih.

tenaga pemijatnya terdiri dari ahli pijat wanita panggilan yang masih muda berusia antara 18++ hingga usia 35 dengan status single stw dan janda.

kemudian tenaga pijat terapis prianya juga sama, Sultan Massage masih muda, tampan, bernergi dan sangat menyenangkan dan terampil memijat.

Semua tenaga terapis yang melamar masuk ke Sultan Massage & massage harus memiliki beberapa kriteria untuk diterima,

proses seleksi ini tentunya adalah dengan tujuan agar tukang – tukang pijit ini benar – benar kompeten di bidangnya untuk memuaskan konsumen.

Beberapa kriteria tenaga terapis pijat wanita panggilan plus plus di Padang dan juga prianya adalah sebagai berikut,

Sultan Massage selain masih berusia muda ( bisa single / janda / duda ) dengan rentang usia antara 17++ hingga paling tua 35 tahun,

kemudian tenaga terapisnya harus memiliki pengalaman di bidang pijat, spa atau massage paling minimal 2 tahun,

lalu kemudian Sultan Mssage saat memberikan service pijat kepada pelanggannya wajib berprilaku sopan dan santun,

nah anda tertarik melamar kerja sebagai terapis pijat panggilan di kota Padang yang tergabung di Sultan Massage?

jika iya, segera hubungi nomor pijat panggilan Padang secara online 24 jam Dian via telp / wa di 081220052050

Sejarah Kota Padang

Tidak ada data yang pasti siapa yang memberi nama kota ini Padang. Diperkirakan kota ini pada awalnya berupa sebuah lapangan, dataran atau gurun[9] yang luas sehingga dinamakan Padang. Dalam bahasa Minang, kata padang juga dapat bermaksud pedang.[10]

Menurut tambo setempat, kawasan kota ini dahulunya merupakan bagian dari kawasan rantau yang didirikan oleh para perantau Minangkabau dari Dataran Tinggi Minangkabau (darek). Tempat permukiman pertama mereka adalah perkampungan di pinggiran selatan Batang Arau di tempat yang sekarang bernama Seberang Padang.[11] Kampung-kampang baru kemudian dibuka ke arah utara permukiman awal tersebut, yang semuanya termasuk Kenagarian Padang dalam adat Nan Dalapan Suku; yaitu suku-suku Sumagek (Chaniago Sumagek), Mandaliko (Chaniago Mandaliko), Panyalai (Chaniago Panyalai), dan Jambak dari Kelarasan Bodhi-Chaniago, serta Sikumbang (Tanjung Sikumbang), Balai Mansiang (Tanjung Balai-Mansiang), Koto (Tanjung Piliang), dan Malayu dari Kelarasan Koto-Piliang.[12] Terdapat pula pendatang dari rantau pesisir lainnya, yaitu dari PainanPasaman, dan Tarusan.[12] Seperti kawasan rantau Minangkabau lainnya, pada awalnya kawasan sepanjang pesisir barat Sumatra berada di bawah pengaruh Kerajaan Pagaruyung.[13] Namun, pada awal abad ke-17 kawasan ini telah menjadi bagian dari kedaulatan Kesultanan Aceh.[14][15]

Masa kolonial

Kehadiran bangsa asing di Kota Padang diawali dengan kunjungan pelaut Inggris pada tahun 1649.[16] Kota ini kemudian mulai berkembang sejak kehadiran bangsa Belanda di bawah Vereenigde Oostindische Compagnie (VOC) pada tahun 1663, yang diiringi dengan migrasi penduduk Minangkabau dari kawasan luhak.[17]

Selain memiliki muara yang bagus, VOC tertarik membangun pelabuhan dan permukiman baru di pesisir barat Sumatra untuk memudahkan akses perdagangan dengan kawasan pedalaman Minangkabau. Selanjutnya pada tahun 1668, VOC berhasil mengusir pengaruh Kesultanan Aceh dan menanamkan pengaruhnya di sepanjang pantai barat Sumatra, sebagaimana diketahui dari surat Regent Jacob Pits kepada Raja Pagaruyung yang berisi permintaan dilakukannya hubungan dagang kembali dan mendistribusikan emas ke kota ini.[18] VOC berhasil mengembangkan Kota Padang dari perkampungan nelayan menjadi kota metropolitan pada abad ke-17.[19] Padang menjadi kota pelabuhan yang ramai bagi perdagangan emas, teh, kopi, dan rempah-rempah. Dalam perkembangan selanjutnya, pada 7 Agustus 1669 terjadi pergolakan masyarakat Pauh dan Koto Tangah melawan monopoli VOC. Meski dapat diredam oleh VOC, peristiwa tersebut kemudian diabadikan sebagai tahun lahir Kota Padang.[20]

 

Gerbang menyambut kedatangan Gubernur Jenderal Johan Paul van Limburg Stirum di Padang pada Maret 1916

Beberapa bangsa Eropa silih berganti mengambil alih kekuasaan di Kota Padang. Pada tahun 1781, akibat rentetan Perang Inggris-Belanda Keempat, Inggris berhasil menguasai kota ini.[21][22] Namun, setelah ditandatanganinya Perjanjian Paris pada tahun 1784 kota ini dikembalikan kepada VOC.[23] Pada tahun 1793 kota ini sempat dijarah dan dikuasai oleh seorang bajak laut Prancis yang bermarkas di Mauritius bernama François Thomas Le Même, yang keberhasilannya diapresiasi oleh pemerintah Prancis waktu itu dengan memberikannya penghargaan.[24] Kemudian pada tahun 1795, Kota Padang kembali diambil alih oleh Inggris.[21] Namun, setelah peperangan era Napoleon, pada tahun 1819 Belanda mengklaim kembali kawasan ini yang kemudian dikukuhkan melalui Traktat London, yang ditandatangani pada 17 Maret 1824.[25]

 

Lambang Kota Padang zaman Hindia Belanda, diadopsi tahun 1926.

Pada tahun 1837, pemerintah Hindia Belanda menjadikan Padang sebagai pusat pemerintahan wilayah Pesisir Barat Sumatra (Sumatra’s Westkust) yang wilayahnya meliputi Sumatra Barat dan Tapanuli sekarang.[26] Selanjutnya kota ini menjadi daerah gemeente sejak 1 April 1906 setelah keluarnya ordonansi (STAL 1906 No.151) pada 1 Maret 1906. Hingga Perang Dunia II, Padang merupakan salah satu dari lima kota pelabuhan terbesar di Indonesia, selain JakartaSurabayaMedan, dan Makassar.[27]

Menjelang masuknya tentara Jepang pada 17 Maret 1942, Kota Padang ditinggalkan begitu saja oleh Belanda karena kepanikan mereka. Pada saat bersamaan Soekarno sempat tertahan di kota ini karena pihak Belanda waktu itu ingin membawanya turut serta melarikan diri ke Australia.[28] Kemudian panglima Angkatan Darat Jepang untuk Sumatra menemuinya untuk merundingkan nasib Indonesia selanjutnya.[29] Setelah Jepang dapat mengendalikan situasi, kota ini kemudian dijadikan sebagai kota administratif untuk urusan pembangunan dan pekerjaan umum.[30]

Republik Indonesia

Berita kemerdekaan Indonesia pada 17 Agustus 1945 baru sampai ke Kota Padang sekitar akhir bulan Agustus. Namun, pada 10 Oktober 1945 tentara Sekutu telah masuk ke Kota Padang melalui Pelabuhan Teluk Bayur, dan kemudian kota ini diduduki selama 15 bulan.[31] Pada tanggal 9 Maret 1950, Kota Padang dikembalikan ke tangan Republik Indonesia setelah sebelumnya menjadi negara bagian Republik Indonesia Serikat (RIS) melalui surat keputusan Presiden RIS nomor 111. Kemudian, berdasarkan Undang-undang Nomor 225 tahun 1948, Gubernur Sumatra Tengah waktu itu melalui surat keputusan nomor 65/GP-50, pada 15 Agustus 1950 menetapkan Kota Padang sebagai daerah otonom. Wilayah kota diperluas, sementara status kewedanaan Padang dihapus dan urusannya pindah ke Wali Kota Padang.[30] Pada 29 Mei 1958, Gubernur Sumatra Barat melalui Surat Keputusan Nomor 1/g/PD/1958, secara de facto memindahkan ibu kota provinsi Sumatra Barat dari Bukittinggi ke Padang. Status ini baru dikukuhkan secara de jure lewat Peraturan Pemerintah Nomor 29 Tahun 1979.[32]

Seiring dengan statusnya sebagai ibu kota provinsi, Peraturan Pemerintah Nomor 17 Tahun 1980 menetapkan perubahan batas-batas wilayah Kota Padang dengan memasukkan sebagian wilayah Kabupaten Padang Pariaman seperti PauhKoto TangahLubuk Kilangan, dan Teluk Kabung.[33] Berdasarkan Rencana Jangka Panjang Menengah Nasional 2015–2019, pemerintah pusat menetapkan Kota Padang, bersama Kabupaten Padang Pariaman dan Kota Pariaman untuk pengembangan wilayah metropolitan Palapa (Padang–Lubuk Alung–Pariaman).[34]

 

Panorama Kota Padang di sehiliran Batang Arau pada abad ke-19.

Olahraga, Seni, dan Budaya Padang

Beberapa klub utama sepak bola, di antaranya PS Semen Padang, PSP Padang, dan Minangkabau FC, bermarkas di kota ini. Ketiga kesebelasan ini menggunakan Stadion Agus Salim sebagai tempat untuk pertandingan laga kandang. Stadion ini terletak pada kawasan gelanggang olahraga (GOR) yang mulai dibangun sejak tahun 1957.[80]

Kota ini juga memiliki lapangan pacuan kuda. Setiap tahunnya diadakan lomba pacu kuda pada kawasan Tunggul Hitam yang memiliki panjang lintasan 1.600 m.[213] Perlombaan pacu kuda ini sudah menjadi tradisi dan menjadi bagian dari budaya masyarakat Minangkabau khususnya. Saat ini terdapat rangkaian perlombaan dengan beberapa kota/kabupaten lain di Sumatra Barat yang mendapat kesempatan menjadi tuan rumah satu kali tiap tahunnya. Sementara pesertanya juga ada dari luar Sumatra Barat.[214]

Perlombaan selaju sampan atau dikenal dengan nama lomba perahu naga biasanya diadakan setiap tahunnya di sungai Banda Bakali. Lomba perahu naga ini kemungkinan dipengaruhi oleh etnis Tionghoa, termasuk kesenian tarian tradisional Barongsai yang pernah mewakili Kota Padang pada beberapa perlombaan tingkat internasional.[215]


Kejuaraan Tour de Singkarak 2013 di jalanan Kota Padang.
Kota Padang termasuk kota yang menjadi bagian dari tahapan kejuaraan balap sepeda Tour de Singkarak. Kejuaraan yang secara resmi telah menjadi agenda perhelatan tahunan Union Cycliste Internationale (UCI) tersebut telah diselenggarakan sejak tahun 2009.[216] Memasuki tahun ke-4 Kota Padang tidak lagi menjadi titik dimulainya Tour de Singkarak, melainkan menjadi titik akhir yang sebelumnya ditempatkan di Danau Singkarak.[217]

Dalam memperingati hari jadinya, kota ini setiap tahunnya menyelenggarakan pesta telong-telong, berupa perayaan pada malam hari yang dimeriahkan dengan pemasangan obor atau lampion.[218] Sementara itu menjelang masuk bulan Ramadhan beberapa masyarakat muslim di kota ini menyelenggarakan tradisi balimau yaitu mandi keramas, biasanya dilakukan pada kawasan tertentu yang memiliki aliran sungai dan tempat pemandian.[219]

Salah satu tradisi adat Minangkabau yaitu persembahan (pasambahan) dalam upacara pemakaman masih dilaksanakan pada Kecamatan Kuranji.[220] Sementara pada Kecamatan Pauh dikenal dengan tradisi silat Pauh (silek Pauah),[221] yang memiliki pengaruh sampai mancanegara[222] serta juga digunakan dalam mengembangkan beberapa aliran tarekat di Padang.[223]


Kawasan Lubuk Minturun populer dalam tradisi balimau di Padang
Perpaduan budaya berbagai etnis dapat dilihat pada tari Balanse Madam yang berasal dari komunitas Nias di Padang. Tari yang diciptakan pada abad ke-16 ini dipengaruhi oleh budaya Portugis, Minangkabau dan budaya Nias sendiri. Pada masa kini tari ini juga ditampilkan oleh masyarakat etnis lain, seperti Minangkabau dan Tamil.[224][225]

Kota ini juga menjadi sumber inspirasi bagi para seniman untuk menuangkan kreasinya, beberapa karya seni yang berkaitan dengan kota ini antara lain roman/novel berjudul Sitti Nurbaya berkisah tentang wanita yang dipaksa kawin dengan lelaki bukan pilihannya dan diracun sampai meninggal,[226] karya Marah Rusli,[227] yang kemudian pada tahun 1990 TVRI mengangkat cerita ini menjadi film layar kaca/sinetron dengan judul Sitti Nurbaya yang dibintangi oleh Novia Kolopaking, Gusti Randa dan HIM Damsyik. Begitu juga dengan roman Sengsara Membawa Nikmat karya Tulis Sutan Sati,[228] mengambil latar Kota Padang dan suasana Minangkabau tempo dulu. Roman ini menceritakan pengembaraan seorang tokoh utamanya bernama Midun,[229] yang kemudian juga diangkat oleh TVRI tahun 1991 menjadi film layar kaca/sinetron dengan judul yang sama, serta dibintangi oleh Sandy Nayoan dan Desy Ratnasari.[230] Sementara lagu berjudul Teluk Bayur diciptakan oleh Zainal Arifin dan dinyanyikan oleh Ernie Djohan menjadi lagu cukup populer di masyarakat tahun 60-an.[231][232][233] Di kota Padang juga terdapat puluhan studio rekaman yang banyak disewa oleh para produser dari Jambi, Riau, Sumatra Selatan, dan Sumatra Utara. Selain itu, Kota Padang dan Kota Bukittinggi merupakan basis bagi industri musik pop Minang

Kamu lagi di Kota Padang?

Mampir dulu ke Sultan  Massage Panggilan 24 jam

You cannot copy content of this page